RPP GERAK LURUS




 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)
          Satuan Pendidikan      : SMA 1 Pangkalan Bun
          Mata Pelajaran            :  FISIKA
          Kelas/Semester            :  X (Sepuluh) /  1 (Satu)
Materi Pokok              :  Gerak Lurus
          Sub Materi                    :  Jarak dan Perpindahan
Alokasi Waktu            :  1 x 15 Menit (1 x Tatap Muka)
A.    Kompetensi Inti
KI 1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3.    Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.     Kompetensi Dasar
1.1       Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2       Menyadari kebesaran Tuhan yang mengatur karakteristik fenomena gerak, fluida, kalor dan optik
2.1       Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2       Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
3.3       Menganalisis besaran-besaran fisis pada gerak lurus dengan kecepatan konstan dan gerak lurus dengan percepatan konstan
4.3       Menyajikan data dan grafik hasil percobaan untuk menyelidiki sifat gerak benda yang bergerak lurus dengan kecepatan konstan dan gerak lurus dengan percepatan konstan
C.    Indikator Pencapaian Kompetensi
1.                  Siswa mampu menunjukkan rasa syukur terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa bahwa adanya jarak  dan perpindahan yang terjadi pada suatu benda yang bergerak. 
2.                  Siswa mampu menunjukkan rasa ingin tahu yang tinggi dalam menganalisis tentang jarak dan perpindahan
3.                  Siswa mampu menunjukkan sikap jujur dalam melakukan percobaan dan melaporkan hasil percobaan yang berkaitan dengan jarak dan perpindahan.
4.                  Siswa mampu menunjukkan sikap terbuka dalam melakukan percobaan yang berkaitan dengan jarak dan perpindahan.
5.                  Siswa mampu menunjukkan sikap saling menghargai dalam melaksanakan percobaan yang berkaitan jarak dan perpindahan.
6.                  Siswa mampu menjelaskan pengertian dari jarak dan perpindaha
7.                  Siswa mampu menjelaskan perbedaan antara jarak dan perpindahan
8.                  Siswa mampu menghitung jarak dan perpindahan benda
9.                  Siswa mampu menganalisis perpindahan suatu benda
10.              Siswa mampu merancang alat dan bahan yang berkaitan dengan percobaan
11.              Siswa mampu mengukur jarak dan perpindahan yang berkaitan dengan percobaan
12.              Siswa mampu mendisain percobaan yang berkaitan dengan percobaan jarak dan perpindahan sesuai dengan permasalahannya
D.    Materi Ajar
Jarak dan Perpindahan
       Jarak dan perpindahan merupakan besaran fisika yang saling terkait. Keduanya memiliki dimensi yang sama, namun memiliki makna fisis yang berbeda.
Jarak diartikan sebagai panjang lintasan yang ditempuh oleh suatu benda dalam selang waktu tertentu, dan merupakan besaran skalar. Perpindahan adalah perubahan kedudukan suatu benda dalam selang waktu tertentu dan merupakan besaran vektor.
Cara yang mudah untuk menentukan arah perpindahan dalam gerak satu dimensi adalah dengan menetapkan suatu titik acuan sebagai titik asal dan menentukan satu arah sebagai arah positif sedangkan arah yang berlawanan merupakan arah negatif.
                                                           
Sebagai contoh, jika titik O kita tetapkan sebagai titik asal, dan arah ke kanan sebagai arah positif maka kedudukan titik A adalah +3 m dan kedudukan titik B adalah -4 m. apabila kita menyatakan dengan persamaan, maka perpindahan  dari titik A ke B dirumuskan sebagai berikut :
Keterangan :
  perpindahan (m)
 kedudukan titik A (m)
 kedudukan titik B (m)
 Oleh karena itu, nilai perpindahan benda dari titik A ke titik B adalah:
 
 
 
 Artinya, besar perpindahannya 7 m dan arahnya ke kiri.     
B
A
Perhatiakan Gambar di bawah ini !
                                                                                               
C
 
Ucok berjalan dari titik A ke titik B sejauh 8 m, kemudian belok ke kanan sejauh 6 m dan berhenti di C. Total perjalanan Total perjalanan yang ditempuh oleh Ucok adalah 8 meter ditambah 6 meter, yaitu 14 meter. Total perjalanan 14 m ini disebut jarak yang ditempuh Ucok. Berbeda dengan jarak, perpindahan Ucok adalah sebagai berikut. Posisi mula-mula Ucok di titik A dan posisi akhirnya dititik C yang besarnya dapat dihitung dengan menggunakan rumus phy-tagoras.
Perpindahan Ucok
Jadi, Ucok mengalami perpindahan sejauh
E.     Strategi  Pembelajaran
Pendekatan     : Scientific Learning
Model              : Pembelajaran Berbasis Masalah
Metode            : Eksperimen, Diskusi, dan Presentasim
F.     Media dan Sumber Pembelajaran
Media :
Ø Papan Tulis
Ø Worksheet atau lembar kerja (siswa)
Ø Lembar penilaian
Sumber Belajar :
Ø Nurachmandani, Setya. 2009. Fisika Untuk SMA Kelas X. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasiona.
Ø Supiyanto. 2006. Fisika Untuk SMA Kelas X. Jakarta: Phibeta
Ø Kanginan, Marthen. 2006. Fisika Untuk SMA Kelas X. Jakarta : Erlangga




G.    Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Langkah- langkah Model PBL
Kegiatan Guru
Deskripsi kegiatan
Alokasi Waktu





Guru mengucapkan salam pembuka kepada siswa.
Assalamu’alaikum Wr.Wb
Siswa Membalas salam dari guru.
Wa’alaikum salam Wr. Wb
menit
Guru menyiapkan situasi kelas dengan menanya-kan “apakah ada siswa yang tidak hadir?”
Siswa memberitahukan ke-hadirannya atau temannya
Guru menyampaikan tuju-an pembelajaran.
Siswa mendengarkan tujuan pembelajaran.

Kegiatan Inti
Langkah- langkah Model PBL
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Alokasi Waktu
Fase 1: Orientasi siswa pada ma-salah

Guru memotivasi siswa dengan menyajikan ma-salah.
“sebelum kita memasuki materi yang dipelajari, ibu akan bercerita:
Apakah kalian pernah menyaksikan lomba lari di lapangan yang sircuitnya berbentuk lingkaran?
pelari tersebut berlari dari garis start dan finnis di tempat yang sama. Seorang penonton lomba lari ingin mengetahui jarak dan perpindahan yang dilakukan seorang pelari yang telah mencapai garis finnis, Apakah kalian tau bagaimana cara meng-hitung jarak dan perpindahan yang terjadi tersebut ?
Apakah sama cara menghitung antara jarak dan perpindahan ter-sebut?
Siswa mendengarkan per-masalahan yang disampaikan guru.

 menit
Fase 2 : Meng-organisasikan siswa untuk be-lajar
Guru Mengorganisasikan siswa ke dalam beberapa kelompok.
Siswa memisahkan diri menuju kelompoknya masing-masing.


Guru membagikan LKS kepada tiap kelompok.
Siswa mengambil LKS per-cobaan.
Guru membagikan dan menyediakan alat dan bahan yang diperlukan untuk melakukan per-cobaan dalam me-nyelesaikan masalah pada LKS.
Siswa dalam kelompok ikut menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan untuk me-lakukan percobaan dalam menyelesaikan masalah pada LKS.
Fase 3: Mem-bimbing penyelidi-kan individual maupun ke-lompok.
Guru membimbing penyelidikan setiap ke-lompok dalam me-nyelesaikan masalah pada LKS.
Siswa dalam kelompok ikut bekerja sama mengerjakan LKS dengan bimbingan guru.
Guru mendorong siswa berdiskusi dengan teman sekelompoknya untuk mencari penyelesaian permasalahan tersebut.
Siswa berdiskusi dengan teman sekelompoknya untuk me-nyelesaikan permasalahan ter-sebut.

Fase 4: Me-ngembangkan dan menyajikan hasil karya

Guru membantu setiap kelompok membuat laporan hasil percobaan dalam memecahkan ma-salah di LKS.
Siswa dalam kelompok ikut membuat laporan hasil per-cobaan dalam memecahkan masalah di LKS.
Guru mendorong siswa untuk menyampaikan penjelasan tentang pe-mecahan masalah.
Siswa berdiskusi untuk menyampaikan penjelasan pemecahan masalah tersebut.
Fase 5: Me-nganalisis dan me-ngevaluasi proses pemecahan ma-salah
Guru memberikan klarifikasi dari penyajian hasil LKS dengan men-jelaskan jawaban LKS  yang benar dan memasti-kan setiap siswa me-ngetahui jawaban yang benar dan paham me-ngenai proses pemecahan masalah.
Siswa MEmperhatikan pen-jelasan guru dengan seksama dan menanggapi penjelasan kalau ada yang belum di-mengerti
Kegiatan Penutup

Langkah- langkah Model PBL
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Alokasi Waktu

Guru membuat kesimpul-an dari percobaan yang telah dilakukan.

Siswa membuat kesimpulan mengenai poin-poin penting yang telah dipelajari dengan bimbing-an guru dan mencatatnya.
menit
Guru melakukan tanya jawab dengan siswa seputar materi yang di-pelajari.
Siswa melakukan tanya jawab seputar matei yang dipelajari.
Guru memberikan tugas evaluasi berkaitan dengan konsep yang telah dipelajari.
Siswa menjawab soal evaluasi yang diberikan guru.
Guru menginformasikan kepada siswa materi yang akan dibahas pada per-temuan selanjutnya.
Siswa mendengarkan guru menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.


Guru mengucapkan salam penutup.
Wassalamu’alaikum Wr.Wb
Siswa membalas salam yang diberikan guru.
Wa’alaikum Salam Wr.Wb

I.                   Penilaian
1.   Mekanisme dan prosedur
Penilaian dilakukan dari sikap, pengetahuan dan keterampilan. Penilaian sikap dilakukan melalui kerja kelompok, kinerja presentasi, jawaban latihan soal kelompok dan jawaban pemecaha masalah. Penilaian pengetahuan dilakukan melalui tes tertulis soal uraian Jarak dan Perpindahan. Sedangkan penilaian keterampilan dilakukan melalui percobaan yang berkaitan dengan jarak dan perpindahan.
2.   Aspek dan Instrumen penilaian
·      Instrumen kinerja presentasi menggunakan lembar pengamatan dengan fokus utama pada aktivitas peran serta, kualitas visual presentasi, dan isi presentasi.
·      Instrumen tes menggunakan tes tertulis uraian.
·      Instrumen keterampilan melakukan percobaan yang berkaitan dengan jarak dan perpindahan.
3.   Metode dan Bentuk instrumen
Metode
Bentuk Instrumen
Sikap
Lembar Pengamatan Sikap Ilmiah dan Rubrik
Tes Tertulis
Tes Uraian dan Rubrik penilaian
Tes Keterampialan
Tes Penilaian Praktikum

4.   Contoh Instrumen (Terlampir)
              
Dosen Pembimbing



Hadma Yuliani M.Pd
           NIP. 199002172015032009



Mahasiswi



Any Febryana
NIM. 1301130291
Palangkaraya,   Februari 2016




Lampiran 1.1
 
Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
A.    Lembar pengamatan sikap

Indikator Sikap Ilmiah
Jumlah Skor
A
Skor
B
Skor
C
Skor
D
Skor
(Rasa ingin tahu)
(Jujur)
(Terbuka)
(Saling Menghargai)
a
b
c
a
b
c
a
b
c
a
b
c
1

















2

















3

















4

















5

















6
























B.     Rubrik
Rubrik Penilaian Sikap
Dimensi
Indikator
Keterangan
Sikap rasa ingin tahu
a)      Aktif bertanya
a)      Siswa mengajukan pertanyaan saat diminta guru maupun tidak
b)      Aktif menjawab pertanyaan

b)      Siswa menjawab pertanyaan dari teman yang bertanya atau menjawab pertanyaan dari guru
c)      Aktif mencari jawaban
c)      Siswa mencari jawaban atas pertanyaan yang ada di LKS dari sumber buku atau berdiskusi dengan teman sekelompoknya
Sikap jujur
a)      Tidak menjawab asal-asalan
a)      Siswa tidak menjawab asal-asalan saat menjawab soal-soal diskusi
b)      Menjawab sesuai dengan hasil jawaban kelompoknya
b)      Siswa menuliskan hasil jawaban sesuai dengan hasil diskusi kelompoknya dengan benar
c)      Tidak mencontek hasil jawaban kelompok lain
c)      Siswa tidak meniru hasil jawaban kelompok lain
Sikap terbuka
a)      Tidak meninggalkan tugas kelompok

a)      siswa bertanggung jawab atas tugas kelompok yang diberikan oleh guru dan  menyelesaikannya dengan saling bekerjasama
b)      Berpartisipasi dalam menjawab soal dan berdiskusi
b)      Siswa ikut dalam menjawab soal-soal dan berdiskusi dengan memberikan pen- dapatnya saat diskusi
c)      Berbagi tugas dalam kelompok
c)      Siswa menyelesaikan tugas yang diberikan sesuai dengan pembagiannya
Sikap Saling Menghargai
a)      Memberikan pendapat secara individu baik dalam diskusi kelompok maupun diskusi kelas
a)      Siswa memberikan pen- dapatnya saat berdiskusi
b)      Selalu menerima pendapat yang dikemukakan teman meskipun masih kurang tepat
b)      Siswa menerima dengan baik  tanggapan dari temanya baik bersifat saran maupun kritikan
c)      Tidak meninggal tugas kelompok meskipun ketika pendapatnya tidak diterima
c)      Siswa tidak memaksakan diri untuk merasa pendapatnya yang paling benar.





Lampiran 1.2
Soal dan Rubrik Penilaian
A.    Soal dan Jawaban
1.      Jelaskan pengertian dari jarak dan perpindahan ?
2.      Jelaskan perbedaan antara jarak dan perpindahan ?
3.      Perhatikan gambar di samping! Ida berlari mengelilingi lapangan sepakbola yang memiliki panjang 100 m dan lebar 50 m. Ida berangkat dari titik A dan berhenti di titik C dengan melewati titik B. Sementara itu, Ira berlari dari titik A dan berhenti di titik D dengan melewati titik B dan C, pada lapangan yang sama. Tentukan jarak dan perpindahan yang ditempuh Ida dan ira !
40 m
      A                                                               B




D                                    80 m                            C                                      
4. Dapatkah benda yang menempuh jarak tertentu mempunyai perpindahan nol ? Jelaskan !
Jawaban
1.      Jarak adalah panjang lintasan yang ditempuh oleh suatu benda tanpa memperhatikan arah dan gerak.
Perpindahan adalah perubahan kedudukan suatu benda ditinjau dari keadaan awal dan keadaan akhir dengan memperhatikan arah gerak benda, sehingga perpindahan merupakan besaran vektor.
2.      Perbedaan jarak dan perpindahan yaitu :
a.       Jarak selalu ditinjau dari lintasan yang ditempuh oleh benda yang bergerak, sedangkan perpindahan hanya ditinjau dari kedudukan awal dan kedudukan akhir saja
b.      Jarak tidak memperhitungkan arah gerak benda, sedangkan perpindahan menghitungkan arah gerak benda.
c.       Jarak merupakan besaran skalar karena hanya mempunyai besaran saja, sedangkan perpindahan merupakan besaran vektor.
3.      Diketahui :
Ditanya :
a.       Jarak dan perpindahan yang ditempuh Ida ?
b.      Jarak dan perpindahan yang ditempuh Ira ?
Jawab :
a.       Jarak dan perpindahan yang ditempuh Ida
·      Jarak yang ditempuh Ida
Jarak
Jadi jarak yang ditempuh Ida adalah 120 .
 A                                                              B
                                    80 m

                                                                                    40 m
                                                                                                C        
·      Perpindahan Ida
Karena lintasan yang ditempuh Ida berbentuk garis yang saling tegak lurus, maka perpindahannya adalah sebagai berikut.
Perpindahan Ida
Jadi, perpindahan yang dialamai Ida adalah
b.      Jarak dan perpindahan yang ditempuh Ira
·      Jarak yang ditempuh Ira
Jarak
Jadi, jarak yang ditempuh Ira adalah
·      Perpindahan Ira
Perpindahan merupakan besaran vektor (memiliki arah). Jika AB andadinyatakan positif, maka CD bernilai negatif. Oleh karena itu, perpindahan yang dialami Ira adalah sebagai berikut:
Perpindahan Ira
Jadi, perpindahan yang dialami Ira adalah .
4.      Iya, benda bisa menempuh jarak tertentu tetapi perpindahannya nol, jika benda itu bergerak  dan kembali pada tempat semula. Seperti halnya seorang pelari yang mengelilingin satu kali lapangan bola dia akan memulai di satu titik garik star dan finnis di tempat yang sama. Maka perpindahan yang dialami  tersebut adalah nol.

Rubrik Penilaian Latihan Soal Uraian Jarak dan Perpindahan

No soal
Kriteria Jawaban
Rincian Kriteria Jawaban
Skor
Skor tertinggi
Skor total
1
Menjelaskan dengan tepat dan jelas :
Menjelaskan dengan tepat dan jelas : Jarak adalah panjang lintasan yang ditempuh oleh suatu benda tanpa memperhatikan arah dan gerak.
Perpindahan adalah perubahan kedudukan suatu benda ditinjau dari keadaan awal dan keadaan akhir dengan memperhatikan arah gerak benda, sehingga perpindahan merupakan besaran vektor.
10
10
10
Menjelaskan tetapi kurang sempurna : Jarak adalah panjang lintasan yang ditempuh oleh suatu benda
Perpindahan adalah perubahan kedudukan suatu benda ditinjau dari keadaan awal dan keadaan akhir
8
Menjelaskan hanya salah satu saja : Jarak adalah panjang lintasan yang ditempuh oleh suatu benda tanpa memperhatikan arah dan gerak.
5
Memberikan jawaban tetapi salah atau tidak berkenaan dengan materi
1
Tidak menuliskan jawaban
0
2
Menjelaskan perbedaan dengan jelas dan tepat
Menjelaskan perbedaan dengan tepat dan jelas :
Perbedaan jarak dan perpindahan yaitu :
a.       Jarak selalu ditinjau dari lintasan yang ditempuh oleh benda yang bergerak, sedangkan perpindahan hanya ditinjau dari kedudukan awal dan kedudukan akhir saja
b.      Jarak tidak memperhitungkan arah gerak benda, sedangkan perpindahan menghitungkan arah gerak benda.
c.       Jarak merupakan besaran skalar karena hanya mempunyai besaran saja, sedangkan perpindahan merupakan besaran vektor.
20
20
20


Menjelaskan perbedaan tetapi kurang sempurna :
a.       Jarak selalu ditinjau dari lintasan sedangkan perpindahan hanya ditinjau dari kedudukan
b.      Jarak tidak memperhitungkan arah perpindahan menghitungkan arah
c.       Jarak merupakan besaran skalar perpindahan merupakan besaran vektor
15


Menjelasjkan hanya satu perbedaan : Jarak selalu ditinjau dari lintasan yang ditempuh oleh benda yang bergerak, sedangkan perpindahan hanya ditinjau dari kedudukan awal dan kedudukan akhir saja
8


Tidak menuliskan jawaban
0


3
Menulis yang di ketahui dari soal
Diketahui :
4
4
40


Menulis diketahui tidak lengkap
1,5


Tidak menulis sama sekali
0

Menulis yang di tanyakan dari soal
Ditanya :
a.  Jarak dan perpindahan yang ditempuh Ida?
b.   Jarak dan perpindahan yang ditempuh Ira?
3
3


Tidak menulis sama sekali
0

Menulis persamaan
a.    Jarak
Perpindahan
b.   Jarak
Perpindahan
8
8


Tidak menulis sama sekali
0

Menghitung dengan benar
Menghitung Jarak dan Perpindahan Ida dan Ira dengan benar
20
20


Hanya menghitung Jarak dan Perpindahan Ida dengan benar
10


Tidak menghitung dengan benar
3


Tidak menjawab sama sekali
0
4
Kekritisan mengenalisis isi masalah
Menganalisis masalah mulai dari penyebab terjadinya dan bagaimana terjadinya peristiwa dapatkah benda yang menempuh jarak tertentu mempunyai perpindahan nol dengan jelas dan mudah dimengerti
30




Menganalisis masalah mulai dari penyebab terjadinya dan bagaimana terjadinya peristiwa dapatkah benda yang menempuh jarak tertentu mempunyai perpindahan nol dengan singkat dan sulit di pahami
20
30
30


Menganalisis masalah mulai dari penyebab terjadinya dan bagaimana terjadinya peristiwa dapatkah benda yang menempuh jarak tertentu mempunyai perpindahan nol tapi tidak  tepat
5


Tidak menulis sama sekali
0











LEMBAR KERJA SISWA JARAK DAN PERPINDAHAN
 



Nama Kelompok      : ………………………
Anggota kelompok  :  1. ………………….…
                                    2. …………………..…
                                    3. …………………..…
                                    4. ……………………..
AIR  DALAM GELAS
 
Suatu hari tini meminum air jeruk lalu menambahkannya es batu ke dalam gelas tersebut. Lalu apakah yang terjadi pada saat es batu di tambahkan ke dalam gelas tersebut ? Apa yang mempengaruhi perubahan air tersebut ? apakah berat es batu di udara dan es batu di dalam air sama ?
                                                                                         
A.    Permasalahan


B.     Rancagan Ekperimen                                                            
Petunjuk : Cermati permasalahan !
1.      Alat dan Bahan
Alat dan bahan

Jumlah



















2.      Pertanyaan diskusi
1)   Deskripsikanlah mengenai percobaanmu! Bagaimana gaya yang terjadi pada es batu yang di masukkan ke dalam air ?
2)      Hukum apa yang kamu peroleh dari percobaan tersebut ?
4.      Kesimpulan
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Contoh lainnya dalam kehidupan sehari-hari adalah ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..







Lembar Pengamatan Keterampilan dan Rubrik
Aspek yang diamati
Terlaksana
Penilaian
Skot total
Ya
Tidak
4
3
2
1

Mendisain alat dan bahan percobaan untuk memecahkan masalah mengukur jarak dan perpindahan mobil-mobilan







Mengukur jarak dan perpindahan yang di lalui mobil-mobilan







Membuat langkah percobaan berdasarkan alat dan bahan yang sudah disediakan sesuai dengan rancangan penyelesaian masalah mengukur jarak dan perpindahan mobil-mobilan







Mengerjakan pertanyaan LKS yang telah diberikan dengan berdiskusi bersama kelompok







Membuat tabel pengamatan sesuai dengan rancangan penyelesaian masalah mengukur jarak dan perpindahan mobil-mobilan







Mempresentasikan hasil pengamatan dan diskusi kelompok








            Rubrik Penilaian Keterampilan
No
Aspek yang dinilai
Rubrik
1
Mendisain alat dan bahan percobaan untuk mem-ecahkan masalah mengukur jarak dan perpindahan mobil-mobilan
4:  Mendisain alat dan bahan percobaan untuk memecahkan masalah dengan benar, rapi, dan cara mereka sendiri
3:  Mendisain alat dan bahan percobaan untuk memecahkan masalah dengan benar dan cara mereka sendiri tetapi tidak rapi
2:  Mendisain alat dan bahan percobaan untuk memecahkan masalah dengan benar dan rapi, tetapi tidak cara mereka sendiri
1 : Tidak Mendisain alat dan bahan percobaan untuk memecahkan masalah
2
Mengukur jarak dan per-pindahan yang di lalui mobil-mobilan
4 : Mengukur jarak dan perpindahan yang di lalui mobil-mobilan dengan benar dan teliti
3: Mengukur jarak dan perpindahan yang di lalui mobil-mobilan dengan benar namun kurang teliti
2: Mengukur jarak dan perpindahan yang di lalui mobil-mobilan dengan kurang benar dan tidak teliti
1: Mengukur jarak dan perpindahan yang di lalui mobil-mobilan dengan tidak benar dan tidak teliti
3
Mengerjakan pertanyaan LKS yang telah diberikan dengan berdiskusi bersama kelompok
4: Siswa berdiskusi dengan teman sekelompok-nya dan menjawab semua pertanyaan
3: Siswa berdiskusi dengan teman sekelompok-nya dan hanya menjawab sebagian pertanyaan saja
2: Siswa berdiskusi dengan bukan teman se-kelompoknya dan menjawab semua per-tanyaan
1: Siswa berdiskusi dengan bukan teman se-kelompoknya dan hanya menjawab sebagian pertanyaan saja
4
Membuat langkah per-cobaan berdasarkan alat dan bahan yang sudah disediakan sesuai dengan rancangan penyelesaian masalah mengukur jarak dan perpindahan mobil-mobilan
4 : Membuat langkah percobaan berdasarkan alat dan bahan yang sudah disediakan sesuai dengan rancangan penyelesaian masalah, bahasa mudah dipahami.
3 : Membuat langkah percobaan berdasarkan alat dan bahan yang sudah disediakan sesuai dengan rancangan penyelesaian masalah, tetapi bahasa tidak mudah dipahami.
2 : Membuat langkah percobaan berdasarkan alat dan bahan yang sudah disediakan tetapi tidak sesuai dengan rancangan penyelesaian masalah dan bahasa mudah dipahami.
1: Tidak Membuat langkah percobaan berdasar-kan alat dan bahan yang sudah disediakan dengan rancangan penyelesaian masalah.
5
Membuat tabel pengamatan sesuai dengan rancangan penyelesaian masalah membuat benda tenggelam menjadi terapung
4 : Membuat tabel pengamatan sesuai dengan rancangan penyelesaian masalah dan hasil pengamatan yang dapat menyelesaikan masalah.
3 : Membuat tabel pengamatan tidak sesuai dengan rancangan penyelesaian masalah tetapi hasil pengamatan yang dapat menyelesaikan masalah.
2 : Membuat tabel pengamatan sesuai dengan rancangan penyelesaian masalah tetapi hasil pengamatan tidak dapat menyelesaikan masalah.
1: Tidak membuat tabel pengamatan
6
Mempresentasikan hasil pengamatan dan diskusi kelompok
4: Siswa mampu mempresentasikan hasil pen-gamatan dan hasil diskusi kelompok dengan benar, bahasa mudah dimengerti dan percaya diri
3: Siswa mampu mempresentasikan hasil pen-gamatan dan hasil diskusi kelompok dengan benar, bahasa mudah dimengerti, tetapi disampaikan kurang  percaya diri
2: Siswa mampu mempresentasikan hasil pen-gamatan dan hasil diskusi kelompok dengan benar, tetapi bahasa sulit dimengerti dan disampaikan kurang  percaya diri
1: Siswa tidak dapat mempresentasikan hasil pengamatan dan hasil diskusi kelompok dengan baik, bahasa sulit dimengerti, dan tidak percaya diri

1 Response to "RPP GERAK LURUS"