RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SMA 1
Pangkalan Bun
Mata Pelajaran :
FISIKA
Kelas/Semester :
X (Sepuluh) /
1 (Satu)
Materi Pokok :
Gerak Lurus
Sub Materi : Jarak dan Perpindahan
Alokasi
Waktu : 1 x 15 Menit (1 x Tatap Muka)
A.
Kompetensi Inti
KI 1. Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI
2. Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
KI
3. Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
KI
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
B.
Kompetensi Dasar
1.1 Bertambah
keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan
jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2
Menyadari kebesaran Tuhan yang
mengatur karakteristik fenomena gerak, fluida, kalor dan optik
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah
(memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati;
bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan dan berdiskusi
2.2
Menghargai kerja individu dan
kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan
percobaan dan melaporkan hasil percobaan
3.3 Menganalisis
besaran-besaran fisis pada gerak lurus dengan kecepatan konstan dan gerak lurus
dengan percepatan konstan
4.3 Menyajikan
data dan grafik hasil percobaan untuk menyelidiki sifat gerak benda yang
bergerak lurus dengan kecepatan konstan dan gerak lurus dengan percepatan
konstan
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
Siswa mampu menunjukkan rasa syukur terhadap kebesaran Tuhan
Yang Maha Esa bahwa adanya jarak dan
perpindahan yang terjadi pada suatu benda yang bergerak.
2.
Siswa mampu menunjukkan rasa ingin tahu yang tinggi dalam
menganalisis tentang jarak dan perpindahan
3.
Siswa mampu menunjukkan sikap jujur dalam melakukan
percobaan dan melaporkan hasil percobaan yang berkaitan dengan jarak dan
perpindahan.
4.
Siswa mampu menunjukkan sikap terbuka dalam melakukan
percobaan yang berkaitan dengan jarak dan perpindahan.
5.
Siswa mampu menunjukkan sikap saling menghargai dalam
melaksanakan percobaan yang berkaitan jarak dan perpindahan.
6.
Siswa mampu menjelaskan pengertian dari jarak dan perpindaha
7.
Siswa mampu menjelaskan perbedaan antara jarak dan
perpindahan
8.
Siswa mampu menghitung jarak dan perpindahan benda
9.
Siswa mampu menganalisis perpindahan suatu benda
10.
Siswa mampu merancang alat dan bahan yang berkaitan dengan percobaan
11.
Siswa mampu mengukur jarak dan perpindahan yang berkaitan
dengan percobaan
12.
Siswa mampu mendisain percobaan yang berkaitan dengan
percobaan jarak dan perpindahan sesuai dengan permasalahannya
D.
Materi Ajar
Jarak dan Perpindahan
Jarak dan
perpindahan merupakan besaran fisika yang saling terkait. Keduanya memiliki
dimensi yang sama, namun memiliki makna fisis yang berbeda.
Jarak diartikan
sebagai panjang lintasan yang ditempuh oleh suatu benda dalam selang waktu
tertentu, dan merupakan besaran skalar. Perpindahan adalah perubahan
kedudukan suatu benda dalam selang waktu tertentu dan merupakan besaran vektor.
Cara yang mudah untuk
menentukan arah perpindahan dalam gerak satu dimensi adalah dengan menetapkan
suatu titik acuan sebagai titik asal dan menentukan satu arah sebagai arah
positif sedangkan arah yang berlawanan merupakan arah negatif.
Sebagai contoh, jika titik
O kita tetapkan sebagai titik asal, dan arah ke kanan sebagai arah positif maka
kedudukan titik A adalah +3 m dan kedudukan titik B adalah -4 m. apabila kita
menyatakan dengan persamaan, maka perpindahan
dari titik A ke B dirumuskan
sebagai berikut : 
Keterangan
:
perpindahan (m)
kedudukan titik A (m)
kedudukan titik B (m)
Oleh karena itu, nilai perpindahan benda dari
titik A ke titik B adalah:
Artinya, besar perpindahannya 7 m dan arahnya
ke kiri.
B
|
A
|
C
|
Ucok berjalan dari titik A ke titik B sejauh 8 m,
kemudian belok ke kanan sejauh 6 m dan berhenti di C. Total perjalanan Total
perjalanan yang ditempuh oleh Ucok adalah 8 meter ditambah 6 meter, yaitu 14
meter. Total perjalanan 14 m ini disebut jarak yang ditempuh Ucok. Berbeda
dengan jarak, perpindahan Ucok adalah sebagai berikut. Posisi mula-mula Ucok di
titik A dan posisi akhirnya dititik C yang besarnya dapat dihitung dengan menggunakan
rumus phy-tagoras.
Perpindahan Ucok
Jadi, Ucok mengalami perpindahan sejauh
E.
Strategi Pembelajaran
Pendekatan :
Scientific
Learning
Model : Pembelajaran Berbasis Masalah
Metode : Eksperimen, Diskusi, dan Presentasim
F.
Media dan Sumber Pembelajaran
Media
:
Ø Papan Tulis
Ø Worksheet
atau lembar kerja (siswa)
Ø Lembar penilaian
Sumber
Belajar :
Ø Nurachmandani, Setya. 2009. Fisika Untuk SMA Kelas X. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasiona.
Ø
Supiyanto.
2006. Fisika Untuk SMA Kelas X. Jakarta:
Phibeta
Ø
Kanginan, Marthen. 2006. Fisika
Untuk SMA Kelas X. Jakarta : Erlangga
G.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Langkah- langkah Model PBL
|
Kegiatan Guru
|
Deskripsi kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Guru mengucapkan salam pembuka kepada siswa.
“Assalamu’alaikum
Wr.Wb”
|
Siswa Membalas salam dari
guru.
“Wa’alaikum salam Wr. Wb”
|
menit
|
|
Guru
menyiapkan situasi kelas dengan menanya-kan “apakah ada siswa yang tidak
hadir?”
|
Siswa memberitahukan ke-hadirannya atau temannya
|
||
Guru
menyampaikan tuju-an pembelajaran.
|
Siswa mendengarkan tujuan pembelajaran.
|
Kegiatan Inti
Langkah-
langkah Model PBL
|
Kegiatan
Guru
|
Kegiatan
Siswa
|
Alokasi
Waktu
|
Fase
1: Orientasi siswa pada ma-salah
|
Guru memotivasi siswa
dengan menyajikan ma-salah.
“sebelum kita memasuki materi yang dipelajari, ibu
akan bercerita:
Apakah kalian pernah menyaksikan lomba lari di
lapangan yang sircuitnya berbentuk lingkaran?
pelari tersebut berlari dari garis start dan finnis
di tempat yang sama. Seorang penonton lomba lari ingin mengetahui jarak dan
perpindahan yang dilakukan seorang pelari yang telah mencapai garis finnis,
Apakah kalian tau bagaimana cara meng-hitung jarak dan perpindahan yang
terjadi tersebut ?
Apakah sama cara menghitung antara jarak dan
perpindahan ter-sebut?
|
Siswa mendengarkan per-masalahan
yang disampaikan guru.
|
menit
|
Fase 2 : Meng-organisasikan siswa
untuk be-lajar
|
Guru Mengorganisasikan
siswa ke dalam beberapa kelompok.
|
Siswa memisahkan diri menuju kelompoknya
masing-masing.
|
|
Guru
membagikan LKS kepada tiap kelompok.
|
Siswa mengambil LKS per-cobaan.
|
||
Guru
membagikan dan menyediakan alat dan bahan yang diperlukan untuk melakukan per-cobaan
dalam me-nyelesaikan masalah pada LKS.
|
Siswa dalam
kelompok ikut menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan untuk me-lakukan
percobaan dalam menyelesaikan masalah pada LKS.
|
||
Fase 3: Mem-bimbing penyelidi-kan individual maupun
ke-lompok.
|
Guru
membimbing penyelidikan setiap ke-lompok
dalam me-nyelesaikan masalah pada LKS.
|
Siswa dalam
kelompok ikut bekerja sama mengerjakan LKS dengan bimbingan guru.
|
|
Guru mendorong siswa berdiskusi dengan teman sekelompoknya untuk mencari penyelesaian
permasalahan tersebut.
|
Siswa berdiskusi
dengan teman sekelompoknya untuk me-nyelesaikan
permasalahan ter-sebut.
|
||
Fase
4: Me-ngembangkan dan
menyajikan hasil karya
|
Guru membantu
setiap kelompok membuat laporan hasil percobaan dalam memecahkan ma-salah
di LKS.
|
Siswa dalam
kelompok ikut membuat laporan hasil per-cobaan
dalam memecahkan masalah di LKS.
|
|
Guru mendorong
siswa untuk menyampaikan penjelasan tentang pe-mecahan
masalah.
|
Siswa
berdiskusi untuk menyampaikan penjelasan pemecahan masalah tersebut.
|
||
Fase 5: Me-nganalisis
dan me-ngevaluasi proses pemecahan ma-salah
|
Guru memberikan
klarifikasi dari penyajian hasil LKS
dengan men-jelaskan jawaban LKS yang benar dan memasti-kan
setiap siswa me-ngetahui jawaban yang benar dan paham
me-ngenai proses pemecahan masalah.
|
Siswa MEmperhatikan
pen-jelasan guru dengan seksama dan
menanggapi penjelasan kalau ada yang belum di-mengerti
|
Kegiatan
Penutup
Langkah-
langkah Model PBL
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Alokasi
Waktu
|
Guru membuat
kesimpul-an dari percobaan yang telah
dilakukan.
|
Siswa membuat kesimpulan mengenai
poin-poin penting yang telah dipelajari dengan bimbing-an guru dan mencatatnya.
|
menit
|
|
Guru melakukan
tanya jawab dengan siswa seputar materi yang di-pelajari.
|
Siswa melakukan tanya jawab seputar
matei yang dipelajari.
|
||
Guru memberikan
tugas evaluasi berkaitan dengan konsep yang telah dipelajari.
|
Siswa menjawab soal evaluasi yang
diberikan guru.
|
||
Guru menginformasikan
kepada siswa materi yang akan dibahas pada per-temuan
selanjutnya.
|
Siswa mendengarkan guru
menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
|
||
Guru mengucapkan salam
penutup.
Wassalamu’alaikum
Wr.Wb”
|
Siswa membalas salam yang diberikan guru.
“Wa’alaikum
Salam Wr.Wb”
|
I.
Penilaian
1. Mekanisme dan prosedur
Penilaian dilakukan dari sikap,
pengetahuan dan keterampilan. Penilaian sikap dilakukan melalui kerja kelompok,
kinerja presentasi, jawaban latihan soal kelompok dan jawaban pemecaha masalah.
Penilaian pengetahuan dilakukan melalui tes tertulis soal uraian Jarak dan Perpindahan.
Sedangkan penilaian keterampilan dilakukan melalui percobaan yang berkaitan dengan jarak dan perpindahan.
2. Aspek dan Instrumen penilaian
· Instrumen kinerja presentasi menggunakan
lembar pengamatan dengan fokus utama pada aktivitas peran serta, kualitas
visual presentasi, dan isi presentasi.
· Instrumen tes menggunakan tes tertulis
uraian.
· Instrumen keterampilan melakukan percobaan yang berkaitan dengan jarak dan
perpindahan.
3.
Metode
dan Bentuk instrumen
Metode
|
Bentuk Instrumen
|
Sikap
|
Lembar Pengamatan
Sikap Ilmiah dan Rubrik
|
Tes Tertulis
|
Tes Uraian dan Rubrik penilaian
|
Tes Keterampialan
|
Tes Penilaian Praktikum
|
4. Contoh Instrumen (Terlampir)
Dosen Pembimbing
Hadma Yuliani M.Pd
NIP. 199002172015032009
|
Mahasiswi
Any Febryana
NIM. 1301130291
|
Palangkaraya, Februari 2016
Lampiran 1.1
|
Lembar
Pengamatan Sikap dan Rubrik
A.
Lembar pengamatan sikap
Indikator Sikap Ilmiah
|
Jumlah Skor
|
||||||||||||||||
A
|
Skor
|
B
|
Skor
|
C
|
Skor
|
D
|
Skor
|
||||||||||
(Rasa ingin tahu)
|
(Jujur)
|
(Terbuka)
|
(Saling Menghargai)
|
||||||||||||||
a
|
b
|
c
|
a
|
b
|
c
|
a
|
b
|
c
|
a
|
b
|
c
|
||||||
1
|
|||||||||||||||||
2
|
|||||||||||||||||
3
|
|||||||||||||||||
4
|
|||||||||||||||||
5
|
|||||||||||||||||
6
|
B. Rubrik
Rubrik Penilaian Sikap
Dimensi
|
Indikator
|
Keterangan
|
Sikap rasa ingin tahu
|
a) Aktif
bertanya
|
a)
Siswa
mengajukan pertanyaan saat diminta guru maupun tidak
|
b) Aktif
menjawab pertanyaan
|
b) Siswa
menjawab pertanyaan dari teman yang bertanya atau menjawab pertanyaan dari
guru
|
|
c) Aktif
mencari jawaban
|
c) Siswa
mencari jawaban atas pertanyaan yang ada di LKS dari sumber buku atau
berdiskusi dengan teman sekelompoknya
|
|
Sikap jujur
|
a) Tidak
menjawab asal-asalan
|
a) Siswa
tidak menjawab asal-asalan saat menjawab soal-soal diskusi
|
b) Menjawab
sesuai dengan hasil jawaban kelompoknya
|
b) Siswa
menuliskan hasil jawaban sesuai dengan hasil diskusi kelompoknya dengan benar
|
|
c) Tidak
mencontek hasil jawaban kelompok lain
|
c) Siswa
tidak meniru hasil jawaban kelompok lain
|
|
Sikap terbuka
|
a) Tidak
meninggalkan tugas kelompok
|
a) siswa
bertanggung jawab atas tugas kelompok yang diberikan oleh guru dan menyelesaikannya dengan saling bekerjasama
|
b) Berpartisipasi
dalam menjawab soal dan berdiskusi
|
b) Siswa
ikut dalam menjawab soal-soal dan berdiskusi dengan memberikan pen- dapatnya
saat diskusi
|
|
c) Berbagi
tugas dalam kelompok
|
c) Siswa
menyelesaikan tugas yang diberikan sesuai dengan pembagiannya
|
|
Sikap Saling
Menghargai
|
a) Memberikan
pendapat secara individu baik dalam diskusi kelompok maupun diskusi kelas
|
a) Siswa
memberikan pen- dapatnya saat berdiskusi
|
b) Selalu
menerima pendapat yang dikemukakan teman meskipun masih kurang tepat
|
b) Siswa
menerima dengan baik tanggapan dari
temanya baik bersifat saran maupun kritikan
|
|
c) Tidak
meninggal tugas kelompok meskipun ketika pendapatnya tidak diterima
|
c) Siswa
tidak memaksakan diri untuk merasa pendapatnya yang paling benar.
|
Lampiran 1.2
|
A.
Soal dan Jawaban
1.
Jelaskan pengertian dari jarak dan perpindahan ?
2.
Jelaskan
perbedaan antara jarak dan perpindahan
?
3.
Perhatikan gambar di samping! Ida berlari mengelilingi lapangan
sepakbola yang memiliki panjang 100 m dan lebar 50 m. Ida berangkat dari titik
A dan berhenti di titik C dengan melewati titik B. Sementara itu, Ira berlari
dari titik A dan berhenti di titik D dengan melewati titik B dan C, pada
lapangan yang sama. Tentukan jarak dan perpindahan yang ditempuh Ida dan ira !
40 m
|
D 80 m C
4.
Dapatkah benda yang menempuh jarak tertentu mempunyai perpindahan nol ?
Jelaskan !
Jawaban
1.
Jarak adalah panjang lintasan yang
ditempuh oleh suatu benda tanpa memperhatikan arah dan gerak.
Perpindahan adalah perubahan kedudukan suatu
benda ditinjau dari keadaan awal dan keadaan akhir dengan memperhatikan arah
gerak benda, sehingga perpindahan merupakan besaran vektor.
2.
Perbedaan jarak dan perpindahan yaitu :
a.
Jarak selalu ditinjau dari lintasan yang ditempuh oleh benda
yang bergerak, sedangkan perpindahan hanya ditinjau dari kedudukan awal dan
kedudukan akhir saja
b.
Jarak tidak memperhitungkan arah gerak benda, sedangkan
perpindahan menghitungkan arah gerak benda.
c.
Jarak merupakan besaran skalar karena hanya mempunyai
besaran saja, sedangkan perpindahan merupakan besaran vektor.
3.
Diketahui :
Ditanya
:
a.
Jarak dan perpindahan yang ditempuh Ida ?
b.
Jarak dan perpindahan yang ditempuh Ira ?
Jawab
:
a.
Jarak dan perpindahan yang ditempuh Ida
·
Jarak yang ditempuh Ida
Jarak
Jadi
jarak yang ditempuh Ida adalah 120
.
A B
80 m
40
m
C
·
Perpindahan Ida
Karena
lintasan yang ditempuh Ida berbentuk garis yang saling tegak lurus, maka
perpindahannya adalah sebagai berikut.
Perpindahan
Ida
Jadi,
perpindahan yang dialamai Ida adalah
b.
Jarak dan perpindahan yang ditempuh Ira
·
Jarak
yang ditempuh Ira
Jarak
Jadi, jarak yang ditempuh Ira adalah
·
Perpindahan Ira
Perpindahan
merupakan besaran vektor (memiliki arah). Jika AB andadinyatakan positif, maka
CD bernilai negatif. Oleh karena itu, perpindahan yang dialami Ira adalah
sebagai berikut:
Perpindahan
Ira
Jadi,
perpindahan yang dialami Ira adalah
.
4.
Iya, benda bisa menempuh jarak tertentu
tetapi perpindahannya nol, jika benda itu bergerak dan kembali pada
tempat semula. Seperti halnya seorang
pelari yang mengelilingin satu kali lapangan bola dia akan memulai di satu
titik garik star dan finnis di tempat yang sama. Maka perpindahan yang
dialami tersebut adalah nol.
Rubrik Penilaian Latihan Soal Uraian Jarak dan Perpindahan
No soal
|
Kriteria Jawaban
|
Rincian Kriteria
Jawaban
|
Skor
|
Skor tertinggi
|
Skor total
|
1
|
Menjelaskan dengan
tepat dan jelas :
|
Menjelaskan
dengan tepat dan jelas : Jarak
adalah panjang lintasan yang ditempuh oleh suatu benda tanpa memperhatikan
arah dan gerak.
Perpindahan adalah perubahan kedudukan
suatu benda ditinjau dari keadaan awal dan keadaan akhir dengan memperhatikan
arah gerak benda, sehingga perpindahan merupakan besaran vektor.
|
10
|
10
|
10
|
Menjelaskan
tetapi kurang sempurna : Jarak
adalah panjang lintasan yang ditempuh oleh suatu benda
Perpindahan
adalah perubahan kedudukan suatu benda ditinjau
dari keadaan awal dan keadaan akhir
|
8
|
||||
Menjelaskan
hanya salah satu saja : Jarak
adalah panjang lintasan yang ditempuh oleh suatu benda tanpa memperhatikan
arah dan gerak.
|
5
|
||||
Memberikan
jawaban tetapi salah atau tidak berkenaan dengan materi
|
1
|
||||
Tidak
menuliskan jawaban
|
0
|
||||
2
|
Menjelaskan perbedaan dengan jelas dan tepat
|
Menjelaskan
perbedaan dengan tepat dan jelas :
Perbedaan
jarak dan perpindahan yaitu :
a.
Jarak selalu ditinjau dari lintasan yang ditempuh oleh
benda yang bergerak, sedangkan perpindahan hanya ditinjau dari kedudukan awal
dan kedudukan akhir saja
b.
Jarak tidak memperhitungkan arah gerak benda, sedangkan
perpindahan menghitungkan arah gerak benda.
c.
Jarak merupakan besaran skalar karena hanya mempunyai
besaran saja, sedangkan perpindahan merupakan besaran vektor.
|
20
|
20
|
20
|
Menjelaskan perbedaan tetapi kurang
sempurna :
a.
Jarak
selalu ditinjau dari lintasan sedangkan perpindahan hanya ditinjau
dari kedudukan
b.
Jarak
tidak memperhitungkan arah perpindahan menghitungkan arah
c.
Jarak
merupakan besaran skalar perpindahan merupakan besaran vektor
|
15
|
||||
Menjelasjkan
hanya satu perbedaan : Jarak selalu ditinjau dari lintasan yang ditempuh oleh
benda yang bergerak, sedangkan perpindahan hanya ditinjau dari kedudukan awal
dan kedudukan akhir saja
|
8
|
||||
Tidak menuliskan
jawaban
|
0
|
||||
3
|
Menulis yang di
ketahui dari soal
|
Diketahui :
|
4
|
4
|
40
|
Menulis
diketahui tidak lengkap
|
1,5
|
||||
Tidak menulis
sama sekali
|
0
|
||||
Menulis yang di
tanyakan dari soal
|
Ditanya
:
a. Jarak dan perpindahan yang ditempuh Ida?
b.
Jarak dan perpindahan yang ditempuh Ira?
|
3
|
3
|
||
Tidak menulis
sama sekali
|
0
|
||||
Menulis persamaan
|
a.
Jarak
Perpindahan
b.
Jarak
Perpindahan
|
8
|
8
|
||
Tidak
menulis sama sekali
|
0
|
||||
Menghitung
dengan benar
|
Menghitung Jarak dan Perpindahan Ida dan Ira dengan benar
|
20
|
20
|
||
Hanya menghitung Jarak dan Perpindahan Ida dengan benar
|
10
|
||||
Tidak
menghitung dengan benar
|
3
|
||||
Tidak menjawab
sama sekali
|
0
|
||||
4
|
Kekritisan
mengenalisis isi masalah
|
Menganalisis
masalah mulai dari penyebab terjadinya dan bagaimana terjadinya peristiwa dapatkah benda yang
menempuh jarak tertentu mempunyai perpindahan nol dengan jelas dan mudah dimengerti
|
30
|
||
Menganalisis masalah mulai dari penyebab
terjadinya dan bagaimana terjadinya peristiwa dapatkah benda yang menempuh jarak
tertentu mempunyai perpindahan nol dengan singkat dan sulit di pahami
|
20
|
30
|
30
|
||
Menganalisis masalah mulai dari penyebab
terjadinya dan bagaimana terjadinya peristiwa dapatkah benda yang menempuh jarak
tertentu mempunyai perpindahan nol tapi tidak tepat
|
5
|
||||
Tidak menulis
sama sekali
|
0
|
LEMBAR KERJA
SISWA JARAK DAN
PERPINDAHAN
|
Nama
Kelompok : ………………………
Anggota
kelompok : 1. ………………….…
2.
…………………..…
3.
…………………..…
4.
……………………..
AIR
DALAM GELAS
|
Suatu hari tini meminum air jeruk lalu
menambahkannya es batu ke dalam gelas tersebut. Lalu apakah yang terjadi
pada saat es batu di tambahkan ke dalam gelas tersebut ? Apa yang
mempengaruhi perubahan air tersebut ? apakah berat es batu di udara dan es
batu di dalam air sama ?
|
A.
Permasalahan
B.
Rancagan Ekperimen
Petunjuk : Cermati
permasalahan !
1.
Alat dan Bahan
Alat
dan bahan
|
Jumlah
|
2. Pertanyaan diskusi
1) Deskripsikanlah mengenai percobaanmu! Bagaimana gaya yang terjadi pada es batu yang di
masukkan ke dalam air ?
2) Hukum apa yang kamu peroleh dari percobaan tersebut ?
4. Kesimpulan
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Contoh lainnya dalam kehidupan
sehari-hari adalah ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
Lembar
Pengamatan Keterampilan dan Rubrik
Aspek
yang diamati
|
Terlaksana
|
Penilaian
|
Skot total
|
||||
Ya
|
Tidak
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
Mendisain alat
dan bahan percobaan untuk memecahkan masalah mengukur
jarak dan perpindahan mobil-mobilan
|
|||||||
Mengukur jarak
dan perpindahan yang di lalui mobil-mobilan
|
|||||||
Membuat langkah percobaan berdasarkan
alat dan bahan yang sudah disediakan sesuai dengan rancangan penyelesaian
masalah mengukur jarak dan perpindahan mobil-mobilan
|
|||||||
Mengerjakan pertanyaan
LKS yang telah diberikan dengan berdiskusi bersama kelompok
|
|||||||
Membuat tabel pengamatan sesuai dengan
rancangan penyelesaian masalah mengukur jarak
dan perpindahan mobil-mobilan
|
|||||||
Mempresentasikan
hasil pengamatan dan diskusi kelompok
|
Rubrik Penilaian Keterampilan
No
|
Aspek
yang dinilai
|
Rubrik
|
1
|
Mendisain alat dan bahan percobaan untuk mem-ecahkan
masalah mengukur jarak dan perpindahan mobil-mobilan
|
4: Mendisain alat
dan bahan percobaan untuk memecahkan masalah dengan benar, rapi, dan cara
mereka sendiri
3: Mendisain alat
dan bahan percobaan untuk memecahkan masalah dengan benar dan cara mereka
sendiri tetapi tidak rapi
2: Mendisain alat
dan bahan percobaan untuk memecahkan masalah dengan benar dan rapi, tetapi
tidak cara mereka sendiri
1 :
Tidak Mendisain alat dan bahan percobaan untuk
memecahkan masalah
|
2
|
Mengukur jarak dan per-pindahan yang di lalui mobil-mobilan
|
4 : Mengukur jarak dan perpindahan yang di lalui mobil-mobilan dengan benar dan teliti
3: Mengukur
jarak dan perpindahan yang di lalui mobil-mobilan dengan benar namun kurang teliti
2: Mengukur
jarak dan perpindahan yang di lalui mobil-mobilan dengan kurang benar dan tidak teliti
1: Mengukur jarak dan perpindahan yang di lalui
mobil-mobilan
dengan tidak benar dan
tidak teliti
|
3
|
Mengerjakan pertanyaan LKS yang telah diberikan dengan berdiskusi
bersama kelompok
|
4: Siswa berdiskusi dengan teman sekelompok-nya dan menjawab semua
pertanyaan
3: Siswa berdiskusi dengan teman sekelompok-nya dan hanya menjawab
sebagian pertanyaan saja
2: Siswa berdiskusi dengan
bukan teman se-kelompoknya dan menjawab semua per-tanyaan
1: Siswa berdiskusi dengan
bukan teman se-kelompoknya dan hanya menjawab sebagian pertanyaan saja
|
4
|
Membuat
langkah per-cobaan berdasarkan alat dan bahan yang
sudah disediakan sesuai dengan rancangan penyelesaian masalah mengukur jarak dan perpindahan mobil-mobilan
|
4 :
Membuat langkah percobaan berdasarkan alat dan bahan yang sudah disediakan
sesuai dengan rancangan penyelesaian masalah, bahasa mudah dipahami.
3 :
Membuat langkah percobaan berdasarkan alat dan bahan yang sudah disediakan
sesuai dengan rancangan penyelesaian masalah, tetapi bahasa tidak mudah
dipahami.
2 :
Membuat langkah percobaan berdasarkan alat dan bahan yang sudah disediakan
tetapi tidak sesuai dengan rancangan penyelesaian masalah dan bahasa mudah
dipahami.
1:
Tidak Membuat langkah percobaan berdasar-kan
alat dan bahan yang sudah disediakan dengan rancangan penyelesaian masalah.
|
5
|
Membuat tabel
pengamatan sesuai dengan rancangan penyelesaian masalah membuat benda
tenggelam menjadi terapung
|
4 :
Membuat tabel pengamatan sesuai dengan rancangan penyelesaian masalah dan
hasil pengamatan yang dapat menyelesaikan masalah.
3 : Membuat tabel
pengamatan tidak sesuai dengan rancangan penyelesaian masalah tetapi hasil
pengamatan yang dapat menyelesaikan masalah.
2 :
Membuat tabel pengamatan sesuai dengan rancangan penyelesaian masalah tetapi
hasil pengamatan tidak dapat menyelesaikan masalah.
1: Tidak
membuat tabel pengamatan
|
6
|
Mempresentasikan hasil pengamatan dan diskusi kelompok
|
4: Siswa mampu mempresentasikan hasil pen-gamatan dan hasil diskusi
kelompok dengan benar, bahasa mudah dimengerti dan percaya diri
3: Siswa mampu mempresentasikan hasil pen-gamatan dan hasil diskusi
kelompok dengan benar, bahasa mudah dimengerti, tetapi disampaikan
kurang percaya diri
2: Siswa mampu mempresentasikan hasil pen-gamatan dan hasil diskusi
kelompok dengan benar, tetapi bahasa sulit dimengerti dan disampaikan
kurang percaya diri
1: Siswa tidak dapat mempresentasikan hasil pengamatan dan hasil
diskusi kelompok dengan baik, bahasa sulit dimengerti, dan tidak percaya diri
|
blognya sangat membantu kak
BalasHapuscara cek registrasi kartu axis